Minggu, 23 Desember 2018

Muqoddimah wasyiatul mustofa


Terjemah wasiatul mustofa muqoddimah

بــــــــسم الله الرحمن الرحيــــــم
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَـيـِّــدِنَا مُحَمَّــدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وبعد

Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada sayyidina muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. waba'du.


فَهَذِهِ وَصِيَّـةُ المـُصْطَفَى عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ لـِــعَلِيِّ بْنِ أَبِى طَالِبِ كَرَّمَ اللهُ وَجْهَــــــــهُ قَالَ : دَعَانِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَخَلَوْتُ مَعَهُ فِي مَنْزِلِهِ فَقَالَ لِي :  يَا عَلِيُّ أَنْتَ مِنِّي بِمَنْزِلَةِ هَارُونَ مِنْ مُوسَى غَيْرَ أَنَّهُ لَا نَبِيَّ بَعْدِي

Maka ini (kitab) berisi tentang wasiat almusthofa (Nabi yang dipilih) Saw kepada sayyidina Ali bin abi tholib Karromallahu wajhahu (Semoga allah memuliakan sayyidina ali). 

Sayyidina ali Karromallahu wajhahu berkata : Rasulullah Saw Telah memanggilku, kemudian aku menyepi bersama rasulullah di rumahnya. Kemudian rasulullah berkata : Wahai Ali engkau dariku seperti Nabi Harun dan Nabi musa, Akan tetapi sesungguhnya tidak ada nabi setelahku.  

إِنِّي أُوصِيْكَ الْيَوْمَ بِوَصِيَّةٍ، إِنْ اَنْتَ حَفِظْتَهَا عِشْتَ حَمِيْدًا وَمُتَّ شَهِيْدًا وَبَعَـثَـــكَ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَقِيْهًا عَالِمًا

Sesungguhnya pada hari ini aku akan berwasiat kepadamu dengan suatu wasiat. Jika engkau memeliharanya, maka hidupmu akan terpuji dan mati mu dalam keadaan syahid, dan Allah akan membangkitkan mu di hari qiamat menjadi alhli fiqih dan berilmu.

Keterangan :

Wasiatul mustofa adalah kitab yang berisi wasiat-wasiat rasulullah kepada  sayyidina Ali, pengarang kitab Wasiatul mustofa yaitu imam sya'roni.

Nama lengkap beliau adalah Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy-Sya’rani Al-Anshari Asy-Syafi’i Asy-Syadzili Al-Mishri. Abdul Wahab Asy-Sya’rani terkenal dengan panggilan Imam Asy-Sya’rani, yaitu salah seorang sufi terkenal yang diakui sebagai wali quthub pada zamannya yang memperoleh gelar sufistik Imamul Muhaqqiqin wa Zudwatul Arifin (pemuka ahli kebenaran dan teladan orang-orang makrifat). Dia dilahirkan di desa Qalqasandah – Mesir pada tanggal 27 Ramadhan 989 H. / 12 Juli 1493 M. wafat Jumadil Awal 973 H./ November 1565 M.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bisa melaksanakan wasiat-wasiat  rasulullah SAW agar kelak kita bisa mendapatkan syafaatnya. amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar